BGS 01 Mei 2023

Mengganti Kampas Rem Depan Nmax

Kadang kita kurang memperhatikan kondisi pengeraman kendaraan kita, mungkin merasa normal dan baik-baik saja. Sampai pada kondisi kampas rem benar-benar habis baru ada gejala seperti suara gesekan pada pengeraman, yang mengakibatkan piringan cakram tergores bukan pada kondisi normalnya karena yang bergesekan bukan kampas rem, melainkan besinya.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang mengganti kampas rem belakang Nmax, dan pada pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana mengganti kampas rem depan Nmax. Ini merupakan salah satu pekerjaan ringan untuk merawat kendaraan kita, bisa kita lakukan sebagai kegiatan saat di rumah.

Persiapan

Sebelumnya kita siapkan peralatan dan bahan:

  • Kunci bintang T50
  • Obeng min kecil
  • Tang jepit
  • Palu
  • Kampas rem depan
kampas rem depan Nmax YGP
bagian belakang kampas rem
bagian depan kampas rem
kunci bintang T50

Pengerjaan

Membuka kaliper

Gunakan kunci bintang T50 untuk membuka baut kaliper.

baut bintang dan pin kaliper

Membuka pin

Gunakan obeng min kecil untuk mencungkil pin.

Gunakan tang jepit untuk menarik pin dudukan kampas.

kampas rem depan Nmax Daytona ultra

Membuka kampas

Kampas rem yang sudah habis.

membersihkan kaliper

Membersihkan kaliper

Bersihkan dahulu kaliper agar tidak macet.

Selebihnya lihat disini.

kaliper didorong masuk kedalam

Masukan piston kaliper

Supaya kampas rem yang baru bisa dipasang, masukan piston kaliper dengan didorong menggunakan bantuan alat. Misal disini menggunakan palu, tapi bukan dipukul hanya untuk bantu mendorong supaya masuk kedalam lagi.

membuka tangki master rem

Membuka tangki master

Supaya saat piston pada kaliper didorong tidak tertahan. Dan juga agar dapat melihat isi minyak rem.

Disini master rem sudah diganti dengan tipe lain, yang original bisa lihat disini.

kampas rem baru terpasang

Memasang kampas rem

Pasangkan kampas rem yang baru.

pin kaliper

Memasang pin kaliper

Jangan lupa pasang kembali pin kaliper.

kaliper dengan kampas baru

Memasang kaliper

Pasangkan kembali kaliper ke cakram rem.

Setelah semua selesai pasangkan kembali baut kaliper rem, tutup tangki master rem, lalu mainkan tuas rem sampai cukup menekan rem. Bila tidak ada udara terjebak akan langsung menyesuaikan tanpa harus melakukan perubahan lagi, atau bisa saja sesuaikan lagi minyak rem dengan menambah atau membuangnya.

Kegiatan ini bisa kita lakukan sendiri di rumah, sebagai salah satu langkah perawatan kendaraan sendiri, bisa sebagai hobi bagi yang suka melakukannya, dan juga bisa menghemat biaya perawatan atau pengeluaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silahkan berikan saran dan pertanyaan di kolom berikut ini.