Pada artikel kali ini berbagi pengalaman menggunakan sepeda motor Nmax, umumnya pengguna sepeda motor ini terutama keluaran awal 2015-2016 merasakan kendala pada suspensi yang terasa keras dan tidak nyaman. Ada beberapa solusi yang bisa dipilih, dari modifikasi ringan hingga penggantian part yang mahal. Solusi yang saya pilih disini dengan mengganti shockbreaker belakang nmax.
Pilihan shockbreaker yang bisa diaplikasikan di pasar cukup banyak dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, setelah membandingkan dengan memperhatikan testimoni pemakaian orang lain saya memilih shockbreaker untuk Yamaha Xmax yang masih sama dengan shockbreaker untuk Yamaha Nmax dengan merk KYB.
Mengganti sendiri perlu membuka bagian samping kiri kanan body dan seluruh bagian belakang yaitu behel, lampu, spakbor. Karena ukuran shockbreaker Xmax lebih besar jadi sulit memasangnya dengan ditodong langsung, padahal saat membongkar shockbreaker Nmax bisa langsung :D
Berikut ini testimoni saya setelah memakai shockbreaker ini :
Terasa lebih empuk
- (+) cukup nyaman meredam kejutan jalan rusak
- (-) ambles bila beban diatas 100 kg (atur preload agak sulit dekat filter udara)
Ukuran lebih tinggi dan besar
- (+) handling motor jadi ringan dan tampak sporty
- (-) kesulitan bongkar pasang (cuma waktu ganti saja)
Harga cukup ekonomis
- (+) termasuk dibawah harga pasar aftermarket di kelasnya
- (-) tetap keluar duit 2 x 375 rb belum ongkos :D
Warna hitam
- (+) tidak mencolok/terlihat telah ganti shockbreaker (buat yang butuh fungsi)
- (-) kurang styles (buat yang suka gaya)
Terdapat fitur preload
- (+) bisa diatur preload/kekerasan per disesuaikan bobot beban
- (-) cuma ada 3 level dan menggunakan kunci khusus untuk shockbreaker (beli terpisah)
Model standard
- (+) plug and play tidak perlu merubah apapun
- (-) fitur seadanya dan biasa saja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Silahkan berikan saran dan pertanyaan di kolom berikut ini.