Mengganti Kampas Rem Belakang Nmax
Pada tulisan kali ini saya berbagi pengalaman mengganti kampas rem cakram sepeda motor, kendaraan yang digunakan adalah yamaha nmax dan yang diganti adalah kampas rem cakram bagian belakang.
Persiapan
Siapkan peralatan dan bahan:
- Kunci pas/ring/shock 12 mm
- Obeng + plus
- Obeng - min
- Palu
- Kampas rem belakang
Pengerjaan
Membongkar kaliper
Gunakan kunci 12 untuk membuka baut kaliper.
Membongkar kampas
Gunakan obeng min(-) untuk membuka pin.
Kampas rem yang sudah habis.
Kampas rem yang baru.
Membuka tangki master
Gunakan obeng + untuk membuka skrup tangki master rem dan lepaskan karet agar memudahkan saat piston didorong tidak tertahan.
Membersihkan kaliper
Semua area kaliper dibersihkan supaya tidak macet.
Membersihkan piston kaliper.
Membersihkan plat kaliper.
Memasang plat kaliper.
Mendorong piston kaliper
Dorong piston kedalam kaliper dengan ditekan.
Piston sudah masuk kedalam.
Minyak pada tangki master rem naik, posisikan stang agar minyak tidak tumpah, dan tambah minyak bila kurang..
Menutup tangki master
Gunakan obeng + tutup kembali dengan memasang karetnya dulu baru tutup dan kencangkan skrup +.
Memasang kampas rem baru
Pasang kampas baru sesuai dudukannya.
Memasang pin
Pasang kembali pin kampas rem untuk menguncinya.
Memasang kaliper
Pasang kembali kaliper pada dudukannya baut dan kencangkan dengan kunci 12.
Setelah selesai dipasang coba mainkan handle rem sambil putar roda sampai handle rem tidak ngempos atau menekan piston rem. Disini minyak rem tidak diganti, hanya mengganti kampas saja dan akan dibahas pada tulisan selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah berkunjung dan membaca blog ini. Silahkan berikan saran dan pertanyaan di kolom komentar berikut ini.